Jumat, 23 Oktober 2015

Mozilla Thunderbird

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mozilla Thunderbird
Mozilla Thunderbird logo.png
Thunderbird 31.3.0.png
Mozilla Thunderbird 31.3.0
Pengembang Mozilla Foundation (sebelumnya Mozilla Messaging)
Rilis perdana Templat:Initial-release
Bahasa pemograman C++
Sistem operasi Cross-platform
Ketersediaan bahasa 55 bahasa
Jenis Email client, news client dan feed reader
Lisensi MPL/GPL/LGPL tri-license[butuh rujukan]
Situs web resmi mozilla.org/thunderbird
Mozilla Thunderbird adalah perangkat lunak klien surat elektronik yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation. Pada 7 Desember 2004, versi 1.0 diluncurkan dan diunduh lebih dari 500.000 kali dalam 3 hari pertama. Sampai 2007, Thunderbird telah diunduh lebih dari 50 juta kali.
Mulanya dinamai Minotaur, proyek ini awalnya kurang mendapat dukungan. Setelah suksesnya Mozilla Firefox, muncul permintaan untuk klien email yang serupa, dan Minotaur diberi nama baru. Thunderbird mendukung sistem operasi berikut.

Fitur

Thunderbird memiliki fitur-fitur klien surel standar tetapi terkesan sederhana.
  • Tab email. Thunderbird memiliki antarmuka yang mirip dengan penjelajah web. Surel akan dibuka di tab baru sehingga pengguna dapat membaca satu surel secara penuh.
  • Buku kontak memungkinkan pengguna menambahkan kontak baru pada buku kontak.
  • Multiple channel chat memungkinkan pengguna berkomunikasi secara real-time menggunakan akun media sosial Facebook, Twitter, Google Talk, dan lain-lain.
  • Pengaya memungkinkan pengguna untuk mengubahsuai Thunderbird dengan tambahan fungsi atau mempercantik gayanya.
  • Ubahsuai folder memungkinkan pengguna membuat folder baru atau mengganti nama folder yang sudah ada.
Perlindungan spam/phising.


 

E-Mail Client

E-Mail client adalah software yang digunakan untuk mengirim dan menerima e-mail melalui komputer Anda tanpa browser. Cukup dengan menjalankan software e-mail client secara otomatis e-mail akan terdownload ke komputer Anda. Saat Anda tidak terkoneksi dengan internet, Anda dapat membaca e-mail – e-mail yang telah di download tersebut.
Beberapa pilihan software e-mail client :
  • Outlook Express
    Review : software ini secara otomatis terinstall pada Windows XP pada full install. Penggunaannya praktis, hanya saja tidak memiliki fitur perlindungan SPAM yang efektif. Cara settingnya dapat dibaca di artikel Panduan Setting Outlook Express.
  • Microsoft Outlook
    Review : software yang masuk dalam Microsoft Office ini kaya fitur, diantaranya sudah terintegrasi dengan calendar, todo list, dan memiliki mekanisme perlindungan SPAM yang baik. Cara settingnya dapat dibaca di artikel Panduan Setting Microsoft Outlook.
  • Thunderbird
    Review : software free ini dikembangkan oleh Mozilla dengan dilengkapi fitur perlindungan SPAM yang sangat fleksibel karena dapat kita konfigurasikan secara detail. Selain itu software ini juga dilengkapi dengan e-mail tagging yang cara kerjanya mirip dengan label pada Gmail. Sayangnya software ini tidak memiliki integrasi langsung dengan calendar meskipun tersedia add-on untuk calendar. Thunderbird dapat di download gratis disini. Cara settingnya dapat dibaca di artikel Panduan Setting Thunderbird Mail Client.
  • Mail pada Mac OS X
    Review : kerap disebut Apple Mail, secara default software Mail ini sudah terinstall pada Mac OS X. Sebagai software mail client default pada Mac OS X, software ini memiliki mekanisme perlindungan SPAM yang cukup baik. Cara settingnya dapat dilihat pada artikel Panduan Setting Mail pada Mac.
  • Windows Mail
    Review : Windows Mail adalah pengganti Outlook Express pada Windows Vista. Sebagai versi baru dari Outlook Express, Windows Mail kaya dengan fitur – fitur baru. Di antaranya adalah perlindungan terhadap SPAM yang lebih baik dan integrasi dengan Calendar yang sudah termasuk di dalamnya. Cara settingnya dapat dilihat di Panduan Setting WindowsMail.


KEGUNAAN DAN MANFAAT
MICROSOFT OFFICE OUTLOOK DALAM PEKERJAAN KANTOR
            Microsoft Outlook adalah manajer informasi pribadi dari Microsoft, yang tersedia baik sebagai aplikasi terpisah serta bagian dari Microsoft Office suite. Versi saat ini adalah Microsoft Outlook 2010 untuk Windows dan 2011 untuk Mac. Meskipun sering digunakan terutama sebagai aplikasi e-mail, juga termasuk kalender, task manager, pengelola kontak, mencatat, sebuah jurnal dan browsing web.

            Hal ini dapat digunakan sebagai aplikasi yang berdiri sendiri, atau bisa bekerja dengan Microsoft Exchange Server dan Microsoft SharePoint Server untuk beberapa pengguna dalam suatu organisasi, misalnya mailbox bersama dan kalender, folder Exchange publik, daftar SharePoint dan jadwal pertemuan. Ada pihak ketiga add-on aplikasi yang mengintegrasikan Outlook dengan perangkat seperti ponsel BlackBerry dan dengan perangkat lunak lain seperti Office & komunikasi Skype internet. Pengembang juga dapat membuat perangkat lunak kustom mereka yang bekerja dengan Outlook dan Office komponen menggunakan Microsoft Visual Studio. Di samping itu, Windows Mobile perangkat dapat menyinkronkan hampir semua data Outlook ke Outlook Mobile.
 
A.    Kegunaan Dan Manfaat Microsoft Outlook
            Banyak manfaat yang dapat anda peroleh jika anda mendownload email yang ada dimailbox ke program email client, seperti: Outlook Express, Ms Outlook, Netscape, Opera dan lain-lain, antara lain:
1)      Anda dapat membaca email secara offline.
2)      Anda memiliki backup email di PC.
3)      Proses pengambilan dan pengiriman email yang lebih cepat.
            Untuk bersaing dengan rival berat yaitu Yahoo Mail dan Gmail akhirnya Microsoft melakukan perubahan besar pada layanan Emailnya . Outlook.com sebagai pengganti layanan Hotmail diharapkan bisa mengambil hati pengguna email yang saat ini memang didominasi oleh Yahoo Mail dan Gmail.
            Informasi dari Reuters(31/07) Hotmail masih penguasa pasar dengan menguasai 36 persen pasar layanan email dunia. Namun dengan GMail dengan cepat mengejar penguasaan karena menguasai 31 persen. Pemain lain Yahoo statis dengan 34 persen.Tentunya ada beberapa kelebihan yang di tawarkan Microsoft terkait layanan Outlook ini.
Berikut beberapa kelebihan Email Outlook tersebut :
  • Tampilan baru lebih elegan dan simpel
  • Dapat terhubung dengan social
  • Kita dapat  melihat dan mengedit dokumen Office yang telah terintegrasi dengan layanan media penyimpanan awan SkyDrive.
  • Kapasitas SkyDrive 7 GB.
  • Kita bisa membuat folder terserdiri untuk memisahkan pesan email yang masuk sesuai kategori yang kita inginkan.
  • Pembersih spam yang handal
            Dengan berbagai kelebihan itu Microsoft berharap mempertahankan pangsa pasarnya, bahkan meningkatkan-nya. Seperti diketahui sebelumnya Outlook adalah sebuah nama yang familiar karena telah menjadi platform offline email milik Microsoft.
-          Selain itu Microsoft Outlook juga mempunya kegunaan dan manfaat sebagai berikut :
1.      Penggunaan Kalender Elektronik (electronic calendar)
            Kalender elektronik adalah penggunaan peralatan elektronik untuk mencatat, menyimpan, dan meng-akses kalender acara / kegiatan para pimpinan. Perangkat lunak kalender elektronik biasanya terpadu dengan software e-mail (misalnya Microsoft Outlook) dengan fasilitas memasukkan kegiatan harian, meng-edit kegiatan, memeriksa kembali, mencetak, dan memberi alarm (remainder) pada kegiatan penting, dan sebagainya.
            Kalender elektronik dapat dipasang dalam jaringan sehingga memungkinkan kolaborasi jadwal beberapa pimpinan/staff, misalnya akan diadakan rapat maka program kalender dapat memeriksa semua jadwal yang ada sehingga dapat dipilih waktu luang dimana setiap orang bisa hadir. Walau demikian acara tertentu bisa di-proteksi sehingga tidak bisa diakses oleh orang lain.
            Dalam dunia perkantoran, membutuhkan begitu banyak sumberdaya, salah satunya adalah kertas, bahkan kadang sumberdaya tersebut terbatas adanya (unrenewable) sehingga dibutuhkan suatu kebijakan atau program yang dapat mengurangi penggunaan sumberdaya tersebut, seperti Program Eco Office (Kantor Berwawasan Lingkungan), dimana salah satu program kerjanya adalah penggunaan kertas secara bolak balik.
            Microsoft sebagai salah satu pengembang perangkat lunak dengan salah satu brand untuk pekerjaan perkantoran adalah Microsoft Office yang di dalamnya terdapat sebuah program dengan nama Microsoft Outlook. Microsoft Outlook adalah sebuah program email client berfungsi mengefisienkan proses komunikasi via email. Program tersebut dikhususkan untuk aktifitas kirim dan terima email yang disetting pada sebuah komputer client. Selain outlook, juga banyak program email client lainnya seperti eudora, incridiblemail, fivemail, office outlook, pegasus mail, dan lain-lain. Dari semua program-program tersebut rata-rata berfungsi sama, mungkin perbedaannya hanya pada tampilan, tools-tools, dan lain sebagainya.
            Microsoft Outlook atau Microsoft Office Outlook atau Outlook adalah sebuah program personal information manager dari Microsoft, dan bagian dari suite Microsoft Office. Walaupun biasanya hanya digunakan untuk mengirim dan membaca surel, program ini juga memiliki fungsi kalender, jadwal kerja, catatan, dan jurnal. Bila digunakan bersama dengan Microsoft Exchange Server, Outlook dapat menyediakan akses kotak surat, kalender, dan jadwal bersama.
2    2.  Memiliki fungsi mengatur
            Yaitu memilah email kedalam folder-folder yang sesuai dengan segera , tanpa usaha dari pihak lain. Ini artinya kita bisa melihat pesan-pesan yang berhubungan di waktu yang telah kita beri tanda untuk diperhatikan daripada menghabiskan tambahan waktu memilah-milah inbox yang membengkak . ini juga adalah cara bagus untuk memisahkan email pribadi dari email yang berhubungan dengan pekerjaan.
            Ada manfaat lebih kalau kita membuka email (Gmail, Yahoo, Hotmail, dan lain-lain ) menggunakan software mail client seperti Microsoft Outlook, diantaranya akses akan lebih cepat karena kita tidak perlu membuka browser untuk login, tanpa iklan dan tanpa popup, selain itu kita juga masih bisa membuka arsip email tanpa harus terhubung ke internet. Postingan kali ini adalah bagaimana cara setting Email Yahoo di Ms Outlook 2007, sehingga kita dapat menerima dan mengirim email yahoo melalui / menggunakan Ms outlook 2007. ( untuk Ms. Outlook2003 atau Outlook 2010 pada prinsipnya sama saja, hanya berbeda pada tampilan saja).
3    3.  Membaca Email
            Untuk membaca email pastikan Outlook berada pada folder Inbox”, cukup dobel klik pada pesan yang ingin dibaca. Pesan akan terbuka pada jendela baru.
            Untuk mengetahui adanya pesan baru, pada windows toolbar ( sudut kiri monitor ) akan diberi tanda amplop yang diiringi dengan suara ding sebagai bunyi default untuk email yang tiba pada Outlook.
       
      B. Cara Menggunakan Email dengan Microsoft Office Outlook
sangatlah mudah yang kita butuhkan hanyalah Alamat email yang sudah terdaftar dan software Microsoft Outlook itu sendiri. Microsoft Office Outlook yang kita gunakan adalah Office 2007  dan alamat email yang kita gunakan adalah alamat email dengan nama domain kita sendiri.
Jadi alangkah baiknya, kalau kita terlebih dahulu membaca tentang artikel Cara Membuat Email Account dengan Nama Domain Sendiri.
Untuk memastikan domain kita dapat diintegrasikan dengan microsoft outlook, kita dapat mengeceknya dengan cara login ke cpanel -> email account -> Access Webmail -> Configure Mail Client.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar